Langsung ke konten utama

6 Role Penting dalam Game Mobile Legends, Tentukan Role Kamu Sekarang!


Halo Warrior! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai role-role penting yang ada di game Mobile Legends. Kalian udah pada tau belum? Tenang, bagi kamu yang belum tau, di Mobile Legend ada 6 role penting yang terdiri dari Assasin, Fighter, Mage, Marksman, Support dan Tank. Keenam role ini wajib banget kamu ketahui loh MLers! karena dengan mengetahui role-role yang ada, kamu bisa menentukan role apa yang paling cocok bagi kamu ketika bermain Mobile Legends. Penasaran? Yuk langsung scroll ke bawah ya.

Role Assasin, Si Pembunuh Yang Mematikan

Role Assasin merupakan salah satu role yang sangat diidamkan oleh MLers karena bisa dikatakan tipe role assasin ini bisa membunuh banyak hero-hero musuh dengan mudah sehingga partisipasi KDA (Kill, Death, Assist) termasuk yang paling bagus dibandingkan dengan role-role yang lain. Hero-hero dengan tipe role assasin memiliki damage yang tinggi dengan spesialiasi untuk membunuh hero core tim musuh dengan cepat loh! Ga heran kalo role assasin ini merupakan salah satu role yang sangat penting di Mobile Legends. Ngomong-ngomong, kenapa bisa role assasin memiliki spesialisasi tersebut? Karena role assasin dibekali dengan skill-skill dash atau skill yang dapat berpindah dengan cepat, sehingga hero tipe assasin bisa langsung menuju ke area belakang atau samping mengincar hero core musuh.

Karena kecepatannya dalam membunuh core musuh, jangan salah hero-hero dengan tipe role assasin ini cukup sulit dimainkan karena memerlukan kecepatan tangan yang sangat sigap loh MLers! Contohnya seperti Fanny, Hayabusa, Gussion, Selena dll. Eitts tapi ada juga hero assasin yang cukup mudah kok dimainkan, misalnya Saber dan Karina. Role assasin ini sangat cocok bagi mereka yang jeli melihat situasi dan kondisi terutama mini map, semakin baik dalam memahami kondisi dan situasi di battle field akan menguntungkan kalian karena kalian bisa mengetahui mana hero musuh yang bisa di solo kill atau tidak. Untuk bisa menguasai hero-hero dengan tipe assasin, kalian harus banyak-banyak latihan ya! semakin sering kamu memainkan hero-hero assasin maka semakin meningkat pula skill kamu akan hero-hero ini.

Role Fighter, Si Satpam Side Lane Yang Kuat Menjaga Lane Kamu

Hero-hero dengan role fighter merupakan tipe hero yang kuat berada di lane sendirian loh, karena dia dibekali dengan durability dan juga damage yang tidak kalah sakit sehingga tak heran jika dia mampu untuk terus berada sendirian di side lane dalam situasi satu lawan satu atau bahkan ketika disergap oleh hero-hero musuh. Role fighter merupakan salah satu role yang penting banget di Mobile Legends. Hero fighter ini wajib banget ada di tim kamu saat pemilihan hero karena tanpa hero fighter, side lane kamu akan kewalahan sehingga ujung-ujungnya turret kamu akan dengan cepat diambil oleh tim musuh.

Kunci ketika bermain hero-hero fighter adalah sabar dan jeli melihat situasi. Usahakan kamu ketika bermain hero fighter agar berfokus menjaga lane kamu, kamu juga harus jeli melihat situasi dikarenakan kamu sendirian saat menjaga lane, ketika kamu lengah, kamu akan mudah disergap oleh hero-hero musuh. Dengan hero fighter, kamu juga dapat menggangu core musuh ketika farming atau bahkan membunuh core musuh, tapi jangan lupa ya kamu gaboleh nekat kalo situasinya sedang tidak memungkinkan karena bisa jadi kamu lah yang akan dibunuh.

Role Mage, Para Penyihir Yang Kekuatannya Tak Tertandingi

Sama seperti role-role yang lain, role Mage dalam Mobile Legend memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai kemenangan. Hero-hero dengan tipe mage memberikan damage berupa magic damage sehingga cocok menggunakan build item magic. Hero-hero mage sangat penting dalam sebuah tim karena hero dengan role mage ini bisa melakukan penyergapan (ganking) serta dapat memberikan damage yang sangat sakit di awal pertandingan (early game) sehingga saat hero core tim kamu fokus untuk farming agar itemnya cepat jadi, kamu sebagi seorang mage mampu mendominasi jalannya awal pertandingan, sehingga ketika memasuki pertengahan pertandingan (mid game) sampai dengan akhir pertandigan (late game) hero core tim kamu sudah berhasil mengumpulkan item-itemnyanya.

Role mage ini termasuk yang peminatnya banyak karena cukup mudah dimainkan namun memiliki damage yang sangat sakit. Salah satu kelemahan hero mage adalah kurangnya ketahanan atau durability yang dimilik serta kurangnya skill untuk kabur, tak heran bila hero mage akan cepat mati ketika disergap oleh tim musuh. Oleh karena itu, saat kamu bermain hero-hero mage kamu harus pintar-pintar dalam memposisikan diri kamu saat war karena ketika posisi kamu salah saat tim kamu sedang war, bisa saja kamu akan langsung ditarget oleh tim musuh dan ujung-ujungnya mati deh.

Role Marksman, Si Penembak Jitu Yang Damagenya Ga Ada Obat!

Berbicara mengenai role marksman, aku yakin kamu sudah tidak asing lagi bukan? Yup alasannya tak lain karena role ini sangat banyak peminatnya. Banyaknya peminat role marksman ini karena cara memainkannya terbilang mudah namun dibekali dengan damage yang sakit. Hero dengan role marksman wajib ada di tim kamu karena hero-hero marksman dapat menjadi core alias kunci kemenangan untuk tim kamu. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh hero-hero marksman adalah kemampuan Damage Per Second-nya (DPS) sehingga ketika berhadapan dengan hero lawan hero-hero marksman dapat memberikan damage yang sakit. Kemampuan hero marksman lainnya adalah mereka memiliki attack speed yang tinggi serta range skill yang jauh, tak heran hero-hero marksman ketika berada pada posisi yang baik akan sangat sulit ditangkap.

Hero-hero marksman akan sangat bergantung terhadap item, oleh karena itu saat early game biasanya hero-hero marksman hanya memberikan damage yang tidak terlalu besar, akan tetapi ketika itemnya perlahan jadi, damage yang dimilikinya akan meningkat, sehingga hero marksman sangat membutuhkan farming, ketika farming dari hero marksman terganggu ini dapat menyebabkan tim kamu ketinggalan. Selain farming, hero marksman juga penting berpartisipasi dalam team fight karena hero marksman memberikan damage yang besar, namun yang perlu kamu ingat adalah jangan memaksakan team fight ketika tim kamu terlebih marksman kamu kalah gold ya.

Kelemahan dari hero-hero marksman adalah ketika tidak bisa menjaga posisi akan mudah diincar oleh core tim musuh. Jadi, perhatikan posisi kamu agar tidak terlalu di depan hero-hero lainnya, terkadang kamu akan merasa bahwa damage yang kamu miliki sangat besar sehingga kamu sangat percaya diri berada di lini terdepan, yang harus kamu ingat adalah hero marksman meliki durability yang tidak terlalu besar sehingga walaupun damage yang kamu miliki besar kamu akan mudah mati. Kuncinya adalah positioning yang baik.

Role Support, Kumpulan Hero Yang Siap Memberikan Pertolongan Untukmu


Hero-hero support bisa dibilang underrated jika dibandingkan dengan hero-hero dari role lainnya. Padahal, hero-hero support memiliki andil yang besar juga loh dalam mencapai kemenangan. Hal tersebut tidak terlepas dari karateristik hero-hero support yang memiliki damage yang tidak terlalu besar. Namun, walaupun damage yang dimiliki tidak terlalu besar, hero-hero support dibekali dengan skill-skill yang menguntungkan tim. Misalnya skill yang memberikan heal kepada teman satu tim, hero-hero support juga dibekali dengan skill crowd control yang sangat berguna dalam tim fight.

Saat kamu memainkan hero support, kamu tidak boleh jauh-jauh dari hero core kamu karena di sini kamu berfungsi sebagai support. Sehingga kemana pun hero core kamu berada, kamu harus siap sedia berada di sampingnya. Tidak hanya core, hero-hero lain di tim kamu juga tentunya membutuhkan pertolonganmu, jadi sebagai hero support kamu harus pintar melihat situasi.

Role Tank, Bodyguard Yang Siap Pasang Badan Demi Keselamatanmu

Yupppp! Hero Tank siap pasang badan karena durability yang dimiliki sangat tinggi. Tak heran jika hero tank wajib hukumnya ada di tim kamu ketika bermain Mobile Legends. Karena badannya yang sekeras baja, hero-hero tank bertugas untuk menjaga hero-hero di tim kamu. Karateristik yang dimiliki oleh hero tank adalah memiliki HP yang tinggi, serta skill crowd control yang menyebalkan. Role tank ini dapat dikategorikan lagi menjadi dua. Yaitu tank inisiator dan tank cover.

Tank inisiator bertugas untuk membuka war atau membuka map agar keberadaan musuh bisa terlihat sehingga akan mengurangi peluang tim kamu untuk diganking oleh tim musuh. Contoh tank inisator antara lain adalan Khufra. Sedangkan tank cover adalah tank yang bertugas melindungi hero-hero di tim kamu agar tidak dapat disentuh oleh hero-hero tim musuh. Contoh hero tank cover adalah Tigreal.

Sebagai hero tank, hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan asal membuka war. Kamu harus memperhatikan hal-hal seperti apakah ada di sekitar kamu atau tidak?, apakah tim kamu menang gold atau tidak?, apakah tim kamu personilnya lebih banyak atau tidak? Yessss yang harus memperhitungkan itu semua adalah hero tank sehingga dibutuhkan kemampuan analisis atau disebut juga dengan macro skill yang baik. Karena ketika kamu salah membaca situasi dan tetap memaksakan war bisa jadi tim kamu lah yang akan kalah war.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 role yang ada di mobile legends. Setelah mengatahui role-role yang ada, aku menyarankan kamu untuk memiliki setidaknya satu role atau kalau boleh kuasai lah lebih dari satu role karena hal ini bisa menguntungkan bago kamu. Namun jika kamu belum yakin akan role mana yang harus kamu ambil, kamu bisa mencoba memainkan semua role terlebih dahulu lalu pilihlah salah satu role yang paling cocok kamu mainkan.

Sudah menentukan role kamu? coba tulis di kolom komentar role yang kamu pilih ya!πŸ˜‰


Komentar

  1. Mage dan marksman sihh kalo aku

    BalasHapus
  2. Wah keren! Menguasai dua role terlebih mage dan marksman memang sangat penting. Jangan lupa utk coba role yg lain juga ya πŸ˜‰

    BalasHapus
  3. Pertama kali main Mobile Legend di tahun 2018 aku pakai tank and nyoba mage. Sumpah kerasa banget noob nya
    Gak tau peran dan tanggungjawab dari karakternya, yang penting mah main aja wkwkwk
    Tapi abis baca ini jadi pengen mulai main lagi deh. Sapa tau bisa keluar dari zona noob hoho

    BalasHapus
  4. Hai Daisy,

    Bisa jadi kamu memang masih perlu banyak latihan, tidak masalah karena memang semunya membutuhkan proses.

    Kalo kamu merasa kurang bisa di role yg satu, cobalah menggunakan role yg lain. Yuk, mainkan mobile legendnya lagiπŸ˜‰

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular

Sebelum Menyesal, Jangan Asal Share Data Pribadi Kamu di Media Sosial!

Passport via www.unsplash.com Sebagian besar dari kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki media sosial bahkan memanfaatkanya. Ya gak? Hari gini, gak punya Instagram, twitter, facebook dan aplikasi media sosial lainnya itu rasanya mustahil banget. Siapa sih yang  gatau manfaat media sosial? Kamu bisa mencari informasi, melakukan transaksi jual beli, menjalin relasi hingga sekedar berkeluh kesah bisa kamu lakukan di media sosial. 1. Pernah Melakukan Hal Ini Di Media Sosial? Keliahatannya SIh Hal yang Lumrah Namun Ternyata Berbahaya! Boarding Pass via www.freepik.com                                                            Aktivitas berbagi atau sharing di media sosial bebas dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan media sosial. Tapi, tau gak sih bahwa gak semuanya harus kamu bagikan di media sosial kamu hanya untuk memuaskan hasrat ingin tau orang lain? Salah satunya adalah membagikan data pribadi di media sosial, ini sih hukumnya haram ya! karena bisa merugikan diri kamu sendir

Reguler Season MPL ID Season 6 Telah Berakhir, Ini Dia Rincian Klasemennya

Mobile Legend Profesional League merupakan salah satu turnamen esport terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Moonton. Tepat di  Minggu 04 Oktober 2020, match ketiga antara RRQ Hoshi VS Evos Legend menjadi laga penutup Regular Season MPL ID Season 6. Regular season yang telah berlangsung selama 8 minggu ini menyuguhkan permainan yang seru dan menarik dari masing-masing tim yang terdiri dari  Aura Esports ,  Alter Ego e-Sports ,  Bigetron Esports ,  Evos Legend ,  Geek Fam Id ,  Genflix Aerowolf ,  Onic Esports dan  RRQ Hoshi . Semua tim yang bertanding telah melakukan strategi masing-masing dan  berjuang sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil yang maksimal, akan tetapi pada akhirnya hanya 6 tim dengan posisi  teratas saja  yang akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu Play Off MPL ID Season 6 yang akan diselenggarakan selama 3 hari terhitung mulai dari tanggal 16 – 18 Oktober 2020 .                                         Sumber : Instagram Official MPl ID Posi