Langsung ke konten utama

Sebelum Menyesal, Jangan Asal Share Data Pribadi Kamu di Media Sosial!

Passport via www.unsplash.com


Sebagian besar dari kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki media sosial bahkan memanfaatkanya. Ya gak? Hari gini, gak punya Instagram, twitter, facebook dan aplikasi media sosial lainnya itu rasanya mustahil banget. Siapa sih yang  gatau manfaat media sosial? Kamu bisa mencari informasi, melakukan transaksi jual beli, menjalin relasi hingga sekedar berkeluh kesah bisa kamu lakukan di media sosial.


1. Pernah Melakukan Hal Ini Di Media Sosial? Keliahatannya SIh Hal yang Lumrah Namun Ternyata Berbahaya!

Boarding Pass via www.freepik.com
                                                          


Aktivitas berbagi atau sharing di media sosial bebas dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan media sosial. Tapi, tau gak sih bahwa gak semuanya harus kamu bagikan di media sosial kamu hanya untuk memuaskan hasrat ingin tau orang lain? Salah satunya adalah membagikan data pribadi di media sosial, ini sih hukumnya haram ya! karena bisa merugikan diri kamu sendiri. Kenapa? Karena data pribadi yang kamu bagikan di media sosial rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Salah satu hal lumrah yang biasa kita liat adalah orang-orang yang membagikan boarding pass tiket pesawat mereka, kereta api  dan sebagainya di media sosial. Atau jangan-jangan kamu juga pernah melakukannya? Kalau iya, jangan lagi ya! Karena tindakan ini terlihat sepele namun sebenarnya berbahaya.


2. Ini Bahayanya Jika Data Pribadi Kamu Jatuh ke Tangan Pihak Yang Tidak Bertanggung Jawab

Transaksi Jual Beli via www.freepik.com


Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih manfaat sebuah data pribadi bagi orang lain? Salah satunya untuk dijual.Ya, untuk dijual! Banyak kasus Tindakan jual beli data pribadi yang dilakukan oleh pihak-phak yang jail dan tidak bertanggung jawab.

Mereka menjual data-data pribadi di group yang ada di sosial media sepeerti facebook hingga dark web. Hal ini sangat berbahaya apabila data yang dijual tersebut di dalamnya termasuk data pribadi kamu.

Data pribadi ini digunakan untuk mendaftar pinjaman online, registrasi kartu SIM dan lain sebagainya. Udah gitu, data-data pribadi yang dikumpulkan ternyata dijual dengan harga yang murah meriah sehingga banyak orang yang bisa membelinya.  Contohnya saja satu set data yang terdiri dari KTP, Foto Selfie dan Buku Tabungan cuman dibanderol dengan harga Rp 5 ribu doang. Duh miris banget!

Gamau kan kamu tiba-tiba dihubungi oleh penagih pinjaman online gara-gara data kamu disalahgunakan untuk meminjam sementara kamu tidak melakukan hal tersebut? Selain untuk pinjaman online, identitas yang ada dalam data pribadi kamu juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan penipuan online kepada orang lain. Duh ngeri banget, jangan sampai ya!

Selain identitas diri, data pribadi juga menyangkut beberapa hal. Salah satunya adalah Riwayat Kesehatan. Data ini tergolong penting bagi kamu untuk tidak dibagikan di media sosial atau orang lain karena hal tersebut dapat menimbulkan diskriminasi.


3. Nah, Mulai Dari Sekarang Bijaklah Menggunakan Data Pribadi Kamu. Kalau Bukan Kamu Yang Menjaganya, Lalu Siapa Lagi?

Hati-hati! via www.freepik.com


Data pribadi mungkin hanya kumpulan huruf dan angka, yang bagi kita mungkin tidak terlalu penting akan tetapi di balik itu semua data pribadi kamu bisa merugikan diri kamu sendiri jika jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. 

Jadi, gunakanlah data pribadi kamu dengan bijak ya. Bagi  kamu yang terkadang suka mengunggah data pribadi  di media sosial atau memberikan data pribadi kamu kepada orang lain baik secara sengaja atau tidak sebaiknya harus skeptis akan hal tersebut dan selalu mengutamakan prinsip kehati-hatian.

Komentar

Posting Komentar

Most Popular

6 Role Penting dalam Game Mobile Legends, Tentukan Role Kamu Sekarang!

Halo Warrior! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai role-role penting yang ada di game Mobile Legends. Kalian udah pada tau belum? Tenang, bagi kamu yang belum tau, di Mobile Legend ada 6 role penting yang terdiri dari Assasin , Fighter, Mage, Marksman, Support dan Tank. Keenam role ini wajib banget kamu ketahui loh MLers! karena dengan mengetahui role-role yang ada, kamu bisa menentukan role apa yang paling cocok bagi kamu ketika bermain Mobile Legends. Penasaran? Yuk langsung scroll ke bawah ya. Role Assasin, Si Pembunuh Yang Mematikan Role Assasin merupakan salah satu role yang sangat diidamkan oleh MLers karena bisa dikatakan tipe role assasin ini bisa membunuh banyak hero-hero musuh dengan mudah sehingga partisipasi KDA ( Kill , Death , Assist ) termasuk yang paling bagus dibandingkan dengan role-role yang lain. Hero-hero dengan tipe role assasin memiliki damage yang tinggi dengan spesialiasi untuk membunuh hero core tim musuh dengan

Reguler Season MPL ID Season 6 Telah Berakhir, Ini Dia Rincian Klasemennya

Mobile Legend Profesional League merupakan salah satu turnamen esport terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Moonton. Tepat di  Minggu 04 Oktober 2020, match ketiga antara RRQ Hoshi VS Evos Legend menjadi laga penutup Regular Season MPL ID Season 6. Regular season yang telah berlangsung selama 8 minggu ini menyuguhkan permainan yang seru dan menarik dari masing-masing tim yang terdiri dari  Aura Esports ,  Alter Ego e-Sports ,  Bigetron Esports ,  Evos Legend ,  Geek Fam Id ,  Genflix Aerowolf ,  Onic Esports dan  RRQ Hoshi . Semua tim yang bertanding telah melakukan strategi masing-masing dan  berjuang sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil yang maksimal, akan tetapi pada akhirnya hanya 6 tim dengan posisi  teratas saja  yang akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu Play Off MPL ID Season 6 yang akan diselenggarakan selama 3 hari terhitung mulai dari tanggal 16 – 18 Oktober 2020 .                                         Sumber : Instagram Official MPl ID Posi