Langsung ke konten utama

Mengenal Segudang Manfaat Pembayaran Digital Dibanding Uang Tunai, Bikin Transaksi Kamu Jadi Semakin Praktis

Aplikasi pembayaran digital via www.unsplash.com

 


Transaksi jual beli merupakan aktivitas yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Sejak kecil kita sudah diajarkan bagaimana melakukan transaksi jual beli misalnya saja kita diberikan uang oleh orang tua kita untuk membeli jajan di warung. Seiring berjalannya waktu, kita tumbuh menjadi sosok yang  dewasa. Kebutuhan kita pun semakin meningkat sehingga transaksi yang kita lakukan pun semakin banyak. Semakin ke sini kita pun semakin sadar bahwa sesuatu yang bersifat praktis dan memudahkan adalah sesuatu yang kita butuhkan. Temasuk kemudahan dalam melakukan pembayaran. 

Pengertian Pembayaran Digital Dalam Transaksi Jual Beli

Pembayaran digital (digital payment) merupakan salah satu metode pembayaran yang memanfaatkan teknologi berupa media elektronik dalam penggunaannya. Kalau pembayaran tradisional kita menggunakan uang tunai saat melakukan transaksi, di dalam pembayaran digital kita menggunakan alat pembayara seperti e-money atau uang elektronik, e-wallet atau dompet elektronik, mobile banking, sms banking, serta internet banking

Jika kamu pernah mendengar tentang gopay, ovo, dana itu merupakan contoh dari alat pemabayaran digital. Dengan pembayaran digital ini memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran berupa tagihan internet, listrik, pulsa, tiket pesawat,  ojek online, dan lain sebagainya secara online dan otomatis.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, orang-orang cenderung untuk mencari sesuatu yang bersifat praktis. Lalu apa sih manfaat aplikasi pembayaran digital sebagai sebuah alat pembayaran? Yuk di simak baik-baik ya!



Risiko Keamanan Transaksi Yang Lebih Rendah

Transaksi lebih aman dengan pembayaran digital via www.unsplash.com



Keuntungan menggunakan pembayaran digital yang pertama dalah risiko keamanan yang rendah. Pernah gak sih kamu was-was saat  membawah uang tunai dalam jumlah besar? Membawa uang tunai dalam jumlah besar memiliki risiko yang tinggi. Misalnya saja dirampok, tertinggal atau jatuh. Nah dengan pembayaran digital, kamu bisa merasa lebih aman karena fisik uang yang kamu miliki tidak terlihat. 

Namun, bukan berarti pembayaran digital tidak luput dari risiko keamanan. Penggunaan metode pembayaran digital pun tetap memiliki risiko bagi pemakainya seperti peretasan, penyalahgunaan data pribadi, dan lain sebagainya sehingga kamu tetap perlu berhati-hati. Pilihlah penyedia layanan pembayaran digital yang terpercaya.

Bertransaksi dengan Pembayaran Digital Itu Mudah dan Nyaman

Transaksi aman dengan pembayaran digital via www.intellias.com


Dibandingkan dengan uang tunai, pembayaran digital menawarkan segudang kemudahan dan kenyamanan. Dengan pembayaran digital kamu bisa melakukan transaksi di mana pun sehingga kamu tidak perlu capek-capek berpindah tempat. Selain itu, transaksi tersebut juga  bisa kamu lakukan kapan saja selama ada koneksi internet. Penggunaan pembayaran digital pun sangat mudah, kamu tinggal menggerakan jari tanganmu di perangkat yang kamu gunakan semudah membalikan telapak tangan.

Manfaat pembayaran digital juga memudahkan kamu untuk membayar sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera. Hal ini sangat berbeda dengan uang tunai yang terkadang saat kita membayar ada kesulitan yang kita alami misalnya saja tidak ada uang kembalian, nominal pembayaran yang dibulatkan ke atas dan lain sebagainya.

Kecepatan Transaksi Yang Tidak Perlu Diragukan

Transaksi lebih cepat dengan pembayaran digital via apollofintech.com


Karena menggunakan koneksi internet, kamu tidak perlu lagi ragu lagi akan kecepatan transaksi menggunakan pembayaran digital. Mau sejauh apapun jarak antara si penjual dan pembeli tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan transaksi. 

Bahkan transaksi dengan pembayaran digital lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Hal itu tidak terlepas dari sistem pembayaran digital yang bersifat real time yang hanya memerlukan waktu proses beberapa detik saja. 

Kemudahan Pelacakan (tracking) Transksi

Mudah melacak transaksi pemabayaran via compareremit.com

Setiap transaksi yang kamu lakukan akan tersimpan secara otomatis di sebuah database khusus yang memungkinkan kamu bisa mengakses kembali informasi-informasi terkait dengan transaksi yang sudah kamu lakukan dengan ringkas dan mudah. 

Hal ini berbeda ketika kamu melakukan transaksi pembayaran dengan uang tunai, kamu perlu menyimpan atau mencatat sendiri setiap transaksi yang kamu lakukan.

Menawarkan Produk Layanan Yang Variatif

Produk layanan yang variatif via businessworld.in

Pembayaran digital memiliki banyak sekali produk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mulai dari e-money (uang elektronik), e-wallet (dompet elektronik), kartu kredit, internet banking, mobile banking, hingga sms banking. Banyaknya produk-produk pembayaran digital ini pun menawarkan keuantungan lainnya seperti promosi atau pun hadiah ketika kamu menggunakan produk pembayaran digital tersebut.

Penutup

Penggunaan pembayaran digital membuat transaksi yang kamu lakukan semakin mudah, nyaman dan efisien. Dengan pembayaran digital kamu tidak perlu repot-repot lagi membawa uang tunai sehingga risiko yang ditimbulkan oleh uang tunai seperti hilang, kotor, rasa tidak aman dan lain sebagainya bisa berkurang. 

Sudah tahu kan segudang manfaat pembayaran digital? Bagaimana pendapat kamu tentang manfaat pembayaran digital? Coba share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Komentar

Most Popular

6 Role Penting dalam Game Mobile Legends, Tentukan Role Kamu Sekarang!

Halo Warrior! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai role-role penting yang ada di game Mobile Legends. Kalian udah pada tau belum? Tenang, bagi kamu yang belum tau, di Mobile Legend ada 6 role penting yang terdiri dari Assasin , Fighter, Mage, Marksman, Support dan Tank. Keenam role ini wajib banget kamu ketahui loh MLers! karena dengan mengetahui role-role yang ada, kamu bisa menentukan role apa yang paling cocok bagi kamu ketika bermain Mobile Legends. Penasaran? Yuk langsung scroll ke bawah ya. Role Assasin, Si Pembunuh Yang Mematikan Role Assasin merupakan salah satu role yang sangat diidamkan oleh MLers karena bisa dikatakan tipe role assasin ini bisa membunuh banyak hero-hero musuh dengan mudah sehingga partisipasi KDA ( Kill , Death , Assist ) termasuk yang paling bagus dibandingkan dengan role-role yang lain. Hero-hero dengan tipe role assasin memiliki damage yang tinggi dengan spesialiasi untuk membunuh hero core tim musuh dengan

Reguler Season MPL ID Season 6 Telah Berakhir, Ini Dia Rincian Klasemennya

Mobile Legend Profesional League merupakan salah satu turnamen esport terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Moonton. Tepat di  Minggu 04 Oktober 2020, match ketiga antara RRQ Hoshi VS Evos Legend menjadi laga penutup Regular Season MPL ID Season 6. Regular season yang telah berlangsung selama 8 minggu ini menyuguhkan permainan yang seru dan menarik dari masing-masing tim yang terdiri dari  Aura Esports ,  Alter Ego e-Sports ,  Bigetron Esports ,  Evos Legend ,  Geek Fam Id ,  Genflix Aerowolf ,  Onic Esports dan  RRQ Hoshi . Semua tim yang bertanding telah melakukan strategi masing-masing dan  berjuang sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil yang maksimal, akan tetapi pada akhirnya hanya 6 tim dengan posisi  teratas saja  yang akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu Play Off MPL ID Season 6 yang akan diselenggarakan selama 3 hari terhitung mulai dari tanggal 16 – 18 Oktober 2020 .                                         Sumber : Instagram Official MPl ID Posi

Sebelum Menyesal, Jangan Asal Share Data Pribadi Kamu di Media Sosial!

Passport via www.unsplash.com Sebagian besar dari kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki media sosial bahkan memanfaatkanya. Ya gak? Hari gini, gak punya Instagram, twitter, facebook dan aplikasi media sosial lainnya itu rasanya mustahil banget. Siapa sih yang  gatau manfaat media sosial? Kamu bisa mencari informasi, melakukan transaksi jual beli, menjalin relasi hingga sekedar berkeluh kesah bisa kamu lakukan di media sosial. 1. Pernah Melakukan Hal Ini Di Media Sosial? Keliahatannya SIh Hal yang Lumrah Namun Ternyata Berbahaya! Boarding Pass via www.freepik.com                                                            Aktivitas berbagi atau sharing di media sosial bebas dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan media sosial. Tapi, tau gak sih bahwa gak semuanya harus kamu bagikan di media sosial kamu hanya untuk memuaskan hasrat ingin tau orang lain? Salah satunya adalah membagikan data pribadi di media sosial, ini sih hukumnya haram ya! karena bisa merugikan diri kamu sendir