Langsung ke konten utama

Naik Bus Jadi Lebih Aman dan Lancar Di Era New Normal Dengan Memperhatikan Hal-Hal Berikut Ini




Berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain menjadi semakin mudah karena tersedia banyak sekali jenis-jenis transportasi yang dapat digunakan, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum. Tidak terkecuali di era "new normal" atau adaptasi kebiasaan baru  sekarang ini. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalan baik untuk urusan pribadi maupun urusan bisnis kamu bisa mengandalkan bus sebagai transportasi pilihanmu. 
Berbicara tentang pilihan transportasi, ada banyak loh orang-orang yang lebih memimilih naik bus sebagai transportasi utama mereka dibandingkan transportasi pribadi maupun transportasi umum lainnya. Berpergian dengan bus dipilih sebagai alternatif karena murah, cepat, nyaman serta praktis. Selain itu, rute naik bus yang tersedia pun sangat beragam misalnya rute Jakarta-Surabaya, Jakarta Bandung, Jakarta-Yogyakarta dan masih banyak lagi. 

Naik bus di tengah pandemi covid-19 ini tetap bisa kamu lakukan loh dengan pemenuhan protokol kesehatan. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan kamu tidak perlu khawatir lagi soal keamanan, kenyamanan serta kelancaran perjalanan kamu dengan menggunakan bus. 

Lalu apa saja sih hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika naik bus di tengah pandemi covid-19 ini?

Jangan lupa pake masker via www.freepik.com

1. Sebelum Berpergian Naik Bus 

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum berpergian naik bus
  • Menentukan detail perjalanan kamu seperti tanggal keberangkatan, kota tujuan, serta estimasi anggaran perjalanan kamu. Setelah detail perjalanan kamu sudah jelas, kamu bisa langsung memesan tiket secara online agar lebih praktis dan aman. Perlu kamu perhatikan juga untuk melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan agar kamu tidak kehabisan tiket dan memiliki waktu persiapan yang panjang.
  • Persiapkanlah surat-surat pendukung perjalanan seperti surat sehat, surat rapid test atau swab test
  • Apabila perjalanan kamu jarak jauh, sebaiknya perbanyak istirahat agar kondisi tubuh kamu sehat dan fit. Lakukanlah olahraga-olahraga ringan serta kurangi begadang beberapa hari sebelum keberangkatan. 
  • Persiapkan segala barang bawaan kamu. Selain barang-barang utama, kamu juga harus mempersiapkan barang-barang penunjang atau istilah kerennya “stater pack” untuk menjagamu tetap aman dari penyebaran virus covid-19 seperti masker, face shield, hand sanitizer, vitamin, serta obat-obatan lainnya. 
  • Makanlah sebelum melakukan perjalanan. Di beberapa rute, tiket kamu sudah termasuk makan dan minum gratis sehingga kamu tidak perlu membawa bekal, namun apabila kamu ragu akan kualitas makanan dan minumannya sebaiknya kamu membawa bekal sendiri. 

 2. Titik Penjemputan atau Terminal 

Saat menuju dan berada titik penjemputan atau terminal, yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan adalah sebagai berikut: 
  • Usahakan kamu tiba di titik penjemputan atau terminal keberangkatan lebih cepat, misalnya 2 jam sebelum keberangkatan.
  • Sesampainya di titik penjemputan atau terminal keberangkatan, carilah posisi bus yang akan kamu tumpangi dan menunggu di sekitar bus tersebut. Patuhilah protokol kesehatan seperti menggunakan masker atau face shield dan tetap menjaga jarak dengan penumpang lainnya serta tidak sembarangan menyentuh benda-benda yang ada di sekitar kamu. Jika terpaksa, selalu gunakan hand sanitizer sehabis menyentuh sesuatu.
  • Persiapkan tiket dan kartu identitas kamu sebelum pemeriksaan tiket. 

Tetap patuhi protokol kesehatan via www.freepik.com 

3. Saat Perjalanan Dalam Bus 

  • Ketahuilah nomor kursi kamu sebelum masuk ke dalam bus, lalu naiklah sesuai dengan arahan dari petugas bus.
  • Letakanlah barang bawaan kamu di tempat yang telah disediakan. Untuk koper serta bawaan yang besar diletakan di bagasi bus, sedangkan tas dan bawaan lain yang lebih kecil dibawa masuk dan diletakan di bagasi kabin.
  • Duduklah sesuai dengan nomor kursi yang tertera pada tiket. Jangan lupa untuk menyemprot kursi kamu dengan cairan pembersih. Agar praktis, letakanlah barang-barang yang akan sering kamu gunakan selama perjalanan seperti handphone, hand sanitizer atau sabun, charger, power bank, earphone, obat-obatan pribadi dan sebagainya di tas khusus.
  • Selama perjalanan, kamu harus tetap menggunakan masker dan menjaga jarak serta selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
  • Selalu awasi barang-barang bawaan kamu. Meski terlihat aman, kamu tidak boleh lengah dalam menjaga barang bawaan kamu.
  • Nikmatilah perjalanan kamu, jika capek atau mabuk perjalanan minumlah obat yang sudah kamu bawah dan beristirahatlah. 

 4. Tiba di Tempat Tujuan 

Perhatikan lah hal-hal berikut ini saat tiba di tempat tujuan.
  • Ketika tiba di tempat tujuan, tetaplah menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker atau face shield dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.
  • Mandilah sesampai tiba di tempat tujuan. Jangan lupa untuk langsung mencuci pakaian yang dikenakan  serta membersihkan barang-barang yang kamu gunakan selama perjalanan.
  • Istirahatlah satu atau dua jam setelah sampai di tempat tujuan sebelum beraktivitas kembali, walaupun kamu istirahat selama perjalanan, tetap penting untuk istirahat ketika sampai agar badan kamu tidak kelelahan. 
Demikian hal-hal penting yang harus kamu perhatikan saat naik bus di era new normal  atau adaptasi kebiasaan baru. Walaupun di kondisi  seperti sekarang, naik bus tetaplah pilihan yang mudah, praktis cepat dan aman. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama perjalanan naik bus, selain menjaga diri sendiri, kamu juga sudah membantu menjaga orang lain tetap aman.

Komentar

Most Popular

6 Role Penting dalam Game Mobile Legends, Tentukan Role Kamu Sekarang!

Halo Warrior! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai role-role penting yang ada di game Mobile Legends. Kalian udah pada tau belum? Tenang, bagi kamu yang belum tau, di Mobile Legend ada 6 role penting yang terdiri dari Assasin , Fighter, Mage, Marksman, Support dan Tank. Keenam role ini wajib banget kamu ketahui loh MLers! karena dengan mengetahui role-role yang ada, kamu bisa menentukan role apa yang paling cocok bagi kamu ketika bermain Mobile Legends. Penasaran? Yuk langsung scroll ke bawah ya. Role Assasin, Si Pembunuh Yang Mematikan Role Assasin merupakan salah satu role yang sangat diidamkan oleh MLers karena bisa dikatakan tipe role assasin ini bisa membunuh banyak hero-hero musuh dengan mudah sehingga partisipasi KDA ( Kill , Death , Assist ) termasuk yang paling bagus dibandingkan dengan role-role yang lain. Hero-hero dengan tipe role assasin memiliki damage yang tinggi dengan spesialiasi untuk membunuh hero core tim musuh dengan

Reguler Season MPL ID Season 6 Telah Berakhir, Ini Dia Rincian Klasemennya

Mobile Legend Profesional League merupakan salah satu turnamen esport terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Moonton. Tepat di  Minggu 04 Oktober 2020, match ketiga antara RRQ Hoshi VS Evos Legend menjadi laga penutup Regular Season MPL ID Season 6. Regular season yang telah berlangsung selama 8 minggu ini menyuguhkan permainan yang seru dan menarik dari masing-masing tim yang terdiri dari  Aura Esports ,  Alter Ego e-Sports ,  Bigetron Esports ,  Evos Legend ,  Geek Fam Id ,  Genflix Aerowolf ,  Onic Esports dan  RRQ Hoshi . Semua tim yang bertanding telah melakukan strategi masing-masing dan  berjuang sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil yang maksimal, akan tetapi pada akhirnya hanya 6 tim dengan posisi  teratas saja  yang akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu Play Off MPL ID Season 6 yang akan diselenggarakan selama 3 hari terhitung mulai dari tanggal 16 – 18 Oktober 2020 .                                         Sumber : Instagram Official MPl ID Posi

Sebelum Menyesal, Jangan Asal Share Data Pribadi Kamu di Media Sosial!

Passport via www.unsplash.com Sebagian besar dari kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki media sosial bahkan memanfaatkanya. Ya gak? Hari gini, gak punya Instagram, twitter, facebook dan aplikasi media sosial lainnya itu rasanya mustahil banget. Siapa sih yang  gatau manfaat media sosial? Kamu bisa mencari informasi, melakukan transaksi jual beli, menjalin relasi hingga sekedar berkeluh kesah bisa kamu lakukan di media sosial. 1. Pernah Melakukan Hal Ini Di Media Sosial? Keliahatannya SIh Hal yang Lumrah Namun Ternyata Berbahaya! Boarding Pass via www.freepik.com                                                            Aktivitas berbagi atau sharing di media sosial bebas dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan media sosial. Tapi, tau gak sih bahwa gak semuanya harus kamu bagikan di media sosial kamu hanya untuk memuaskan hasrat ingin tau orang lain? Salah satunya adalah membagikan data pribadi di media sosial, ini sih hukumnya haram ya! karena bisa merugikan diri kamu sendir